11 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Mungkin sudah banyak orang yang tahu apa saja penyakit yang dapat ditimbulkan jika pada tubuh seseorang yang memiliki kadar kolesterol jahat yang cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke.

Agar dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut, maka Anda harus mengonsumsi makanan yang tidak dianjurkan atau bahkan merupakan pantangan dilarang untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Berikut ini adalah 11 makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari.

1. Makanan atau jajanan yang digoreng

contoh makanan penyebab kolesterol

Makanan atau jajanan yang digoreng, apalagi dengan minyak yang tidak pernah diganti, maka tentu saja banyak mengandung kolesterol. Hal ini dikarenakan asam lemak jenuhnya akan semakin banyak. Selain itu, kolesterol juga didapat dari makanan yang digoreng menggunakan minyak panas.

Menurut penelitian, satu potong gorengan saja dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL Anda, yang mana kolesterol ini dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyakit stroke.

2. Otak sapi

Tahukah Anda, dalam 10 gram otak sapi terdapat kolesterol sebanyak 2500 mg. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang sudah memiliki kandungan kolesterol lebih dari normal, maka sebaiknya hindari makanan makanan penyebab kolesterol yang cukup tinggi seperti otak sapi ini.

Meskipun belum ada batasan berapa gram sebaiknya Anda mengonsumsi otak sapi setiap harinya, tetapi lebih baik Anda mengganti makanan ini dengan makanan lainnya yang lebih sehat.

3. Kuning telur

Makanan penyebab kolesterol selanjutnya adalah kuning telur. Mungkin Anda tidak sadar, bahwa kuning telur ternyata memiliki kadar kolesterol yang tinggi jika dibanding makanan lainnya yang juga Anda konsumsi setiap hari.

Kolesterol dalam kuning telur adalah 1200 miligram dalam setiap 100 gramnya. 1200 gram berarti sekitar 400 persen lebih banyak dibandingkan dengan kolesterol yang Anda butuhkan setiap harinya. Cukup tinggi bukan?

Apalagi jika Anda mengonsumsi telur setiap Anda makan, 3 kali sehari. Itu sama saja dengan menumpuk kolesterol dengan jumlah banyak.

Maka dari itu, jika memang Anda menyukai telur untuk sarapan, Anda harus dapat mengerem makanan kolesterol tinggi di siang dan malam harinya. Disini bukan berati Anda tidak boleh makan telur ya, boleh saja tetapi dengan jumlah yang cukup dan tidak sering.

Baca juga: 18 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

4. Liver atau hati

Apakah Anda suka makan hati? Ternyata hati memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Setidaknya, terdapat 564 mg kolesterol dalam 100 gram hati atau lever. Jumlah ini merupakan 188 persen lebih tinggi dari konsumsi kolesterol per harinya.

Hal ini sama saja dengan 1 ons lever terdapat 311 mg kolesterol. Padahal orang yang sudah dewasa, apalagi yang sudah menumpuk banyak kolesterol tidak diperkenankan untuk mengonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol dalam satu harinya.

5. Butter

Ilustrasi butter

Butter banyak terkandung dalam roti, jajanan, kue kering dan snack yang Anda konsumsi setiap hari sebagai camilan. Padahal faktanya, dalam 100 mg butter memiliki kadar kolesterol sebesar 215 mg. Untuk 1 sendok butter sendiri mengandung kolesterol sekitar 20 mg.

Fakta tersebut sangat mengejutkan, karena sering kali Anda memakan snack tidak sadar bahwa sudah menghabiskan 1 toples. Bayangkan jika Anda mengonsumsi snack setiap harinya, tidak hanya kolesterol maka gula darah Anda juga akan meningkat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti camilan Anda dengan camilan yang rendah lemak dan kolesterol, seperti sayur dan buah.

6. Udang

Sudah banyak masyarakat yang tahu bahwa udang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Dalam setiap 100 mg udang, terdapat kadar kolesterol yaitu setidaknya 195 mg.

Jika Anda mengonsumsi satu ekor udang yang cukup besar maka kandungan kolesterolnya adalah sekitar 11 mg. Jadi, bila kadar kolesterol udang sudah tinggi, maka Anda dapat mensiasatinya dengan merebus makanan ini, dan jangan menggorengnya.

7. Kulit Ayam

Bagaimana cara kita mengolah ayam dalam suatu masakan tentu akan memilikiĀ  kadar kolesterol yang berbeda. Jika Anda membandingkan kadar kolesterol ayam dengan kadar kolesterol yang terdapat pada burger, maka tentu ayam goreng, pada bagian paha dan kulitnya, akan jauh lebih besar.

Apalagi jika Anda menjadikan kulit ayam goreng sebagai camilan, tentu kadar kolesterol yang anda tumpuk di tubuh akan semakin banyak bertambah.

8. Makanan cepat saji (fast food)

Makanan cepat saji

Sudah banyak yang tahu bahwa makanan cepat saji atau fast food memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Misalkan saja keripik, telur, kulit ayam goreng atau biskuit memiliki kandungan kolesterol cukup banyak.

Tak hanya itu saja, masakan cepat saji adalah makanan yang minyak gorengnya digunakan berulang kali untuk menggoreng bahan. Tidak mungkin kan satu ayam digoreng memakai satu minyak dan lalu dibuang oleh penjualnya.

Pemakaian minyak berkali-kali dapat meningkatkan tingkat lemak jenuh tersebut yang juga dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

9. Keju

Keju adalah salah satu sumber protein dan kalsium yang baik bagi tubuh Anda. Selain baik, keju juga sangat lezat sehingga banyak orang mengonsumsi satu bahan makanan ini.

Entah itu untuk kue, snack atau bahkan makanan berat seperti mie dan nasi. Dalam 100 mg keju terdapat kolesterol sebanyak 123 mg.

Walaupun kadar kolesterol keju tidak setinggi kuning telur ataupun udang, tetapi konsumsi keju juga harus dibatasi agar tidak menjadi pembantu makanan lain untuk menambah tongkat kolesterol yang sudah ada pada tubuh Anda.

10. Daging yang diolah

Perbedaan kadar kolesterol dari berbagai daging, seperti daging kambing,ayam dan domba tidak menunjukan perbedaan yang signifikan ketika daging tersebut belum diolah.

Yang membedakan adalah seberapa besar dan berapa banyak kandungan garam yang digunakan ketika mengolah daging tersebut.

Bisa jadi Anda menambahkan santan dan beberapa jenis bahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam bahan olahan menjadi sangat tinggi. Hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa bahan daging yang belum diolah memiliki kadar kolesterol yang relatif sama.

11. Es krim

Makanan penyebab kolesterol yang terakhir adalah es krim. Es krim memiliki kadar kolesterol yang tak kalah tingginya dengan makanan yang telah disebutkan sebelumnya?

Dalam segelas eskrim dapat mengandung tingkat kolesterol yang tinggi dibandingkan hamburger dan donat. Maka dari itu jika Anda sudah mengonsumsi eskrim, maka Anda harus menghindari makanan tinggi kolesterol lainnya seperti daging olahan, keju atau snack-snack ringan yang mengandung butter.

Lebih baik Anda mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat. Pilihlah buah yang Anda suka dan konsumsilah secara berselang-seling setiap harinya agar kandungan vitamin yang Anda dapat beragam dan tentu Anda akan terhindar dari bosan karena makan satu jenis buah setiap hari.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari 11 makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari. Dari beberapa contoh makanan tersebut, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsinya ya.

Boleh saja asal Anda mengonsumsinya, tetapi harus tahu batasan jumlah dan perhatikan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat!

11 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari