12 Tips Memilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Bila dibandingkan dengan jenis kulit yang lain, kulit berminyak memang cenderung membutuhkan perawatan yang sedikit lebih kompleks. Hal ini dikarenakan kulit berminyak lebih rentan bermasalah daripada kulit kering atau kulit normal.

Jika tidak dirawat dengan cara yang benar, maka kulit Anda akan tampak kusam, sangat berminyak dan bahkan dapat muncul komedo serta jerawat.

Sebenarnya kulit berminyak memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan kulit normal dan bahkan kulit kering. Kelebihan tersebut di antaranya adalah wajah yang terlihat lebih glowing, tidak mudah keriput, kelembapan yang terjaga hingga kulit yang lebih kuat.

Dengan kelebihan tersebut, maka Anda perlu menjaga kandungan  minyak pada kulit tetapi juga merawatnya agar minyak tidak terlalu berlebihan, pun perawatan juga termasuk memilih kosmetik bagi kulit.

Berikut adalah tips memilih kosmetik yang cocok untuk kulit berminyak yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

1. Pembersih wajah

memilih kosmetik yang cocok

Dalam memilih pembersih wajah gunakan pembersih yang berformula lembut dan tidak membuat kulit Anda menjadi kering. Meskipun saat ini banyak sekali produk dengan klaim mampu mengurangi kelebihan minya pada kulit, namun tetap perhatikan pemakaiannya secara berkala.

Mengapa? Karena efek jangka panjang yang didapat adalah kulit Anda menjadi kering karena kelembaban alaminya yang hilang.

Membersihkan wajah dengan sabun tidak perlu terlalu sering, cukup maksimal 2 kali dalam sehari agar minyak alami pada wajah tidak hilang.

2. Mosturizer

Untuk kulit berminyak, pilih moisturizer yang berteksutr ringan dan  non comedogonic karena bahan ini tidak menyumbat pori-pori dan tidak beresiko memunculkan jerawat serta komedo.

Pelembab berbentuk lotion lebih tepat digunakan untuk kulit berminyak bila dibandingankan pelembab krim, begitu juga pelembab yang berbahan dasar air atau gel.

3. Makeup primer

Memilih kosmetik yang cocok untuk wajah berminyak termasuk juga menentukan step yang dilakukan saat menggunakan makeup. Penggunaan primer sebelum memulai makeup wajah merupakan langkah yang tepat untuk kulit berminyak.

Hal ini disebabkan primer dapat menyerap minyak, mengecilkan pori, membuat alas bedak tahan lebih lama dan juga membuat wajah Anda menjadi tidak terlalu glowing atau lebih matte.

4. Alas bedak

Alas bedak

Jenis foundation atau alas bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah pressed powder foundation yang berbentu sama seperti bedak padat. Hal ini disebabkan jenis alas bedak ini dapat menyerap minyak dengan baik.

Jka Anda ingin menggunakan alas bedak jenis liquid, gunakanlah yang memiliki label oil free atau oil control agar wajah Anda tidak terlalu terkesan mengkilap karena minyak.

5. Bedak

Sudah menjadi rahasia umum jika bedak tabor memang adalah jenis bedak yang pas untuk dikenakan orang dengan wajah berminyak. Bedak tabur memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap minyak dan membuat makeup tidak terlalu belepotan.

6. Blush on

Jenis blush on yang cocok untuk wanita dengan kulit berminyak adalah blush on dengan tekstur yang matte, bukan blush on jenis shimmer. Blush on shimmer akan membuat wajah Anda makin tampak glowing dan mengkilat.

Selain itu, blush on dengan produk dasar berupa bedak juga lebih cocok digunakan untuk wajah berminya bila dibandingkan dengan produk dasar krim.

7. Kertas minyak dan makeup minimalis

Memilih kosmetik yang cocok untuk kulit berminyak selanjutnya adalah penggunaan kertas minyak. Untuk Anda pemilik wajah berminyak maka hukumnya wajib membawa kertas minyak. Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi minyak pada wajah tanpa membuat makeup wajah terhapus.

Make up yang tebal untuk wajah berminyak dan berjerawat memang berfungsi dengan baik dalam menutup jerawat Anda.

Namun metode ini memiliki efek samping yang dapat menyumbat kelenjar minyak dan membuat jerawat menjadi semakin parah. Oleh karena itu cukup gunakan make up minimalis dengan jenis make up yang tepat.

8. Hindari minyak sintetis

Kulit wajah memiliki struktur kulit yang lebih tipis bila dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh yang lain. Terlebih untuk kulit berminyak, hindari penggunaan minyak sintetis yang cenderung berat untuk wajah serta dapat menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Beberapa minyak sintetis tersebut antara lain adalah petrolatum, mineral oil, shea butter, oleic acid atau omega 9 dan juga coconut oil. Terlebih jika minyak sintetis tersebut terdapat di produk pelembab yang meresap ke dalam kulit.

Untuk mengganti minyak sintetis, kulit wajah yang berminyak dapat menggunakan tea tree oil, lavender oil, jojoba oil atau minyak alami yang banyak mengandung linoleic aci atau omega 6.

Pastikan juga produk yang Anda pakai tidak bersifat comedogenic. Tidak semua jenis minyak jelek untuk kulit wajah berminya, ada juga produk minyak yang dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah.

Baca juga:

9. Hindari eksfoliasi dengan scrub

Scrub terkenal dengan manfaatnya untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit. Namun untuk wajah berminyak yang rentan dengan masalah jerawat, produk kosmetik yang mengandung scrub memiliki efek dapat mengiritasi kulit.

Untuk penggunaan berlebih, scrub juga dapat membuat kulit kering dan memicu tubuh untuk memproduksi minyak secara berlebih.

Sehingga sebagai pengganti kandungan scrub, Anda dapat menggunakan kosmetik yang mengandung produk berbahan AHA maupun oatmeal. Serta lakukan eksfoliasi paling tidak seminggu sekali saja.

10. Jangan pilih kosmetik berbasis alkohol

Sebenarnya para ahli kulit dan kosmetik masih berbeda pendapat mengenai penggunaan alkohol pada kosmetik untuk kulit berminyak. Ada beberapa alkohol yang dinilai baik dan bermanfaat. Tapi banyak juga yang malah merugikan dan membuat minyak pada wajah berlebih.

Penggunaan jenis alkohol ethanol, alkohol denat, alkohol SD, isopropyl alkohol dan sejenisnya ditemukan pada kosmetik penghilang jerawat yang berfungsi untuk pelarut bahan lain pada kosmetik tersebut.

Namun nyatanya, alkohol ini memiliki efek samping wajah yang menjadi kering dan dehidrasi yang pada akhirnya membuat produksi minyak meningkat karena tubuh menilai wajah kekurangan sebum di bagian permuakaannya.

Sedangkan alkohol lain yang dinilai baik adalah cetyl atau yang disebut juga dengan cetearyl alkohol dan tergolong ke dalam alkohol lemak yang bagus bagi kulit tanpa membuat kulit wajah menjadi dehidrasi dan kering.

11. Hindari Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Dalam memilih kosmetik yang cocok, kita juga perlu meneliti produk yang menjadi bahan dasar pembuatannya. Sodium lauryl sulfate atau SLS merupakan produk kimia pembentuk busa yang selain terdapat di kosmetik pembersih wajah juga umum ditemukan pada produk permbersih rumah tangga.

Penggunaan SLS ini dapat membuat kulit terasa kesat, namun untuk penggunaan yang lama atau jangka panjang dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi.

Sehingga untuk penggantinya, Anda dapat memilih kosmetik yang menggunakan Sodium Lureth Sulfate (SLS) atau juga Ammonium Laureth Sulfate (ALS) yang aman bagi kulit wajah.

12. Hindari Asam Salisilat dan Benzoyl Peroxide

Baik asam salisilat dan benzoyl peroxide adalah bahan-bahan yang tanggung dalam mengatasi jerawat yang muncul. Namun sayangnya, dalam penggunaan yang lama, produk tersebut malah dapat menyebabkan kulit kering, iritasi dan kemerahan.

Dengan demikian, sebaiknya Anda menghindari kedua produk ini sebisa mungkin atau gunakan hanya pada titik kulit wajah yang ada jerawatnya.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai 12 tips memilih kosmetik yang cocok untuk kulit berminyak. Selalu perhatikan bahan dasar dan cara menggunakan kosmetik tersebut.

Sehingga Anda dapat mengatasi masalah kulit berminyak tanpa perlu menghilangkan kandungan minyak alami pada wajah. Semoga bermanfaat!

12 Tips Memilih Kosmetik yang Cocok untuk Kulit Berminyak